Selasa, 28 Juli 2015

DAMPAK KURANG TIDUR DAN TIDAK TERATURNYA TIDUR
 
Kebiasaan buruk tidur yang kurang atau tidak teratur ternyata bisa mengacaukan siklus haid.


Pergeseran waktu tidur dan tidak cukupnya waktu tidur akan mempengaruhi produksi hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron pada wanita yang mana juga akan berdampak pada proses ovulasi dan menstruasi.
Bukan hanya itu,pola tidur yang tidak teratur membuat tingkat melatonin menurun.Padahal melatonin diketahui memiliki peran penting dalam mengatur sistem reproduksi dan menstruasi.
Jadi,untuk mengatasi hal ini,sebaiknya kamu mengimbangi waktu tidur kamu yang kurang atau mengurangi aktivitas yang menyebabkan kurang tidur.
Selain itu,terdapat beberapa dampak lain dari kurang tidur yaitu :


1. Untuk anda yang setiap hari beraktifitas dengan berkendara memakai sepedah motor dan mobil, maka anda wajib memiliki jadwal istirahat yang cukup di malam hari. di karenakan jika jam istirahat tidur anda di malam hari kurang, maka anda akan kurang fokus saat menyetir kendara. Ini bisa membahayakan nyawa anda. sebuah penelitian di Amerika mengemukakan, bahwa kualitas tidur yang rendah bisa menyebabkan kecelakan dan ceder saat bekerja.
2. Menurunnya konsentrasi saat berpikir. Jika anda pelajar atau anda pekerja yang menggunakan pikiran untuk bekerja, maka terganggunya konsentrasi saat belajar atau bekerja bisa membuat anda stress.
3. Berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Akhirnya tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung, strok, darah tinggi sampai diabetes. Anda tidak mau bukan hal ini sampai terjadi ?
4. Mempengaruhi emosional yaitu sering marah-marah tidak jelas, kelihatan murung dan sering mengalami stress disela aktifitas anda sehari-hari.
5. Berdampak tidak baik bagi kesehatan kulit dan mata. Hal ini mengakibatkan, kulit terlihat pucat dan kusam serta kerutan halus akan nampak pada kulit serta kantung mata yang membengkak.
6. Keenam yaitu sering merasa lupa untuk mengingat barang-barang yang anda letakan sendiri.
7. Akibat kurang tidur yang terakhir adalah obesitas atau kegemukan. Beberapa orang meyebutkan kurang tidur bisa mengurangi berat badan, jelas saja hal ini tidak benar. Karena saat kita terjaga dimalam hari maka hasrat atau nafsu makan kita akan meningkat, sehingga membuat perut kita akan merasa lapar. Kebiasan makan atau sekedar ngemil dimalam hari bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas.
Dan dampak lain dari kurang tidur  adalah,dapat menyebabkan :
-Daya tahan tubuh lemah
-Memicu serangan jantung koroner
-Meningkatkan resiko terserang penyakit kanker
-Resiko diabetes meningkat
-Resiko terserang penyakit stroke
-Meningkatkan tingkat stres
-Suhu tubuh rendah
-Lebih sulit berolahraga
-Gairah seks menurun
-Menyebabkan depresi
-Meningkatkan resiko kematian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar